WEBINAR MILLENNIAL MUSLIM MEGASHIFTS
Bagaimana Tren Populer Muslim Milenial yang Wajib Anda Ketahui untuk Mengoptimalkan Potensi Besar Pasar Muslim di Indonesia Pasca Pandemi.
Buku yang meneliti dan membahas tentang perubahan perilaku konsumen muslim millennial pasca pandemi COVID-19 berdasarkan dari survei yang dilakukan Inventure-Alvara pada November 2020, Juni 2021, dan Desember 2021.
Kami membagi pergeseran besar pasar muslim milenial pasca pandemi ke dalam 5 kelompok besar. 5 kelompok besar tersebut kami singkat menjadi 5S, yaitu Spiritual, Safety, Screen, Self-Expression, dan Social.
Kaum muslim menyikapi bencana COVID-19 sebagai bentuk “hukuman” yang diberikan oleh Tuhan YME kepada umat manusia karena dosa dan perbuatan yang telah dilakukan selama ini. Karena itu, pandemi justru mempertebal keimanan kaum muslim dengan melakukan koreksi fundamental dalam menjalani hidup di dunia.
Pandemi semakin menyadarkan kaum muslim milenial akan pentingnya menjaga kehalalan dan kebaikan (toyyiban) karena musabab datangnya bencana ini adalah kelalaian akan prinsip halalan toyyiban. Pandemi membuat masyarakat semakin peduli terhadap informasi kehalalan suatu produk.
Adopsi digital kaum muslim milenial mengalami perluasan (widening) dan pendalaman (deepening) di seluruh aspek kehidupan mereka mulai dari bekerja, belajar, bermain, bersosialisasi, beribadah hingga berderma.
Pandemi tidak akan memupuskan keinginan muslim milenial untuk mengembangkan self-actualization, esteem, dan leisure. Mereka akan berinovasi dan beradaptasi untuk mewujudkannya. They are still fun generation.
Serangkaian krisis (ekonomi, teknologi, Kesehatan) yang dihadapi muslim milenial di sepanjang hidup telah mendorong mereka untuk welas asih, berempati dan peduli ke saudara-saudara yang ditimpa musibah. The golden age of ZISWAF.
DAFTAR ISI
Spritual
- Hijrah Revolution
- Maqasid: Universal Spirituality
- Riba Awareness
- Islamic Mindfulness
- The Evolution of Mosque
Safety-Security
- Halalan Thayyiban, New urgency
- Consumer Confidence in Halal Food
- Halal Tracing: Maqasid, Sustainability
- Halal of Thing
- Halal Retailer
- Halal Cosmetic
- Pandemic, a Catalyst for Halal Label in Pharma
- Spiritual Value: The Fresh Attraction
- More Open to Financial Literacy
- Sharia Investment, The New Preference
- The Rise of Sharia Financial Planning
- KPR Sharia: New Hot Option
- Sharia Insurance: “Win Acceptance”
Self-Expression
- Balance Life: Play Hard, Pray Harder
- Muslimwear: Simple, Stylish, Sustainable
- Big Brand Go Muslimwear
- Muslimah Beauty Salon Multiplies
- Male Beauty Product: Halal, Natural, Tayyib
- Halal Travel Momentum Post-Pandemic
- Safety & Hygiene-First Travel
- NEW-A as New Attraction
- Family Travel is Preferred
- Comeback of Lei-Shariah
- Global Halal Destination, The New Red Ocean
- 2in1 Umrah: Spiritual & Leisure
- Entertainment Muslim More Interested
- Muslim Content: Diversity Content, Resonated Content
- Co-Branding: The Mainstay of Product Innovation
Screen
- Islamic Digital Apps Boom
- The New Way of Taarof
- Content Creator Muslim
- Giant E-Commerce Players “Go-Muslim”
- Online Food Delivery
- Digitalization Bank Sharia
- Online Ziswaf Becomes Mainstream
- Marketplace Wakaf
- Blockchain: Halal Value-Chain
- Metaverse Crowdfunding
- Metaverse Manasik Haji
Social
- Welcome to Emphatic Society
- Millennial Muslim Trend: The Emphatic Generation & The Rise of Muslim Volunteerism
- Lazis: More Universal, More Inclusive
- Zakat as an Economic Development Platform
- Wakaf Goes Millennial
- Wakaf The New Hype