fbpx

Great Brand Launch “Belajar Dari Allo Bank Festival”

Allo bank menggelar event online besar-besaran pertamanya. Acara musik bertajuk Allo Bank Festival yang diselenggarakan selama tiga hari kemaren terhitung dari Jumat, 20 Mei 2022 hingga Minggu, 22 Mei 2022 terbilang sukses dan viral.

Allo bank berhasil menggaet sebanyak ratusan nasabah baru selama tiga hari melalui festival ini. Suatu pencapaian yang luar biasa dan termasuk program launching yang cukup membanggakan. Lantas apa saja yang bisa kita pelajari dari event peluncuran ini?

Sebagai sebuah event peluncuran, ada 3 pelajaran yang bisa dipetik dari ABF oleh marketers:

1 Great Event

Sebagai sebuah event, semua aspek penyelnggaraan ABF digarap serius sehingga bisa menciptakan WOM (word of mouth), termasuk dengan mendatangkan artis Kpop. Terlebih di Indonesia, sebagian generasi milenial dan gen z merupakan penggemar Kpop. Dikutip oleh IDN Times, sebesar 52% penggemar Kpop di Indonesia berada di usia produktif yang menjadikan mereka sebagai calon konsumen potensial dengan angka yang besar. Sementara itu berdasarkan laporan twitter tahun 2021, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penggemar Kpop terbesar di dunia.

Oleh karena itu, langkah yang tepat jika ABF mengundang artis Kpop untuk ikut memeriahkan acara peluncuran ini dan lebih menekankan “pertunjukkan” nya ketimbang “peluncuran produk”, sehingga bisa menyedot puluhan ribu penonton yang excited.

Kami menyebutnya strategi: “Lose to Win”. Seperti halnya tradisi “Apple Event”, ABF menawarkan “experience” ketimbang sekedar “product launch” yang boring.

2 Great Product

Eventnya hebat, kalau produk yang diluncurkan tidak hebat juga tak ada gunanya, hanya menghambur-menghaburkan uang saja.

Great event without great product is nothing!!!

Produk yang diluncurkan memiliki value propositon yang inovatif. “Super app ini mengelola hidup nasabah, dari mulai bangun tidur sampai dia tidur lagi. Mulai dari lahir sampai meninggal dunia,” jelas Chairul Tanjung.

Target market produk juga “fit” dengan penonton eventnya yaitu: milenial dan zilenial. Ditambah lagi, aktivasi akun yang mudah menjadi salah satu alasan nasabah baru mau menggunakan aplikasi ini. Serta harga tiket yang dibanderol pun tergolong murah yaitu sebesar Rp 100.000 pun menjadi alasan festival peluncuran produk ini sangat diminati, karena sesuai dengan karakteristik generasi milenial dan gen Z yaitu mudah dan murah. Alhasil pengguna baru aplikasi ini pun melonjak.

3 Great Selling

Ini adalah pelajaran terpenting, yaitu memfokuskan event peluncuran dengan kegiatan selling. ABF efektif karena dimanfaatkan betul untuk akuisisi nasabah baru, penonton wajib register akun super app Allo Bank. Tak heran jika Chairul Tanjung optimis bisa menggaet 1 juta nasabah dalam waktu seminggu peluncuran.

Pelajarannya:
Great Event X Great Product X Great Selling = Great Profit

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Netflix yang Mendistrupsi Kini Terdisrupsi

Next Post

Pemasaran By Penasaran | Case: KKN Desa Penari

Related Posts
Total
0
Share