fbpx

INVESTASI STRATEGIS “TLKM X GoTo”

Beberapa hari lalu sempat heboh diberitakan Telkom (TLKM) mengalami unrealized loss Rp 811 miliar rupiah akibat harga saham GoTo yang merosot.

Untuk informasi, “unrealized loss” adalah kerugian yang belum terealisasikan. Artinya TLKM belum menjual sahamnya di GoTo, sehingga ruginya belum terjadi.

Yang menarik, walaupun berpotensi rugi besar, namun TLKM menyatakan tetap berkomitmen untuk melakukan investasi jangka panjang ke GoTo.

Alasannya, langkah investasi TLKM tak semata mempertimbangkan capital gain/loss. Tapi pertimbangan yang lebih strategis dan jangka panjang.

Yaitu dalam rangka sinergi untuk membangun ekosistem digital bersama #GoTo.

Ada tiga pelajaran menarik yang bisa kita petik dari kasus ini:

#1. STRATEGIC vs OPPORTUNISTIC

Investasi tak semata bertujuan mendapatkan capital gain instan, tapi juga memiliki tujuan strategis yang menentukan competitive advantages perusahaan.

Dalam kasus di atas, karena kepentingan strategis TKLM adalah menjadi digital telco (DiCo), dimana ia membutuhkan kolaborasi ekosistem dengan GoTo.

Jadi TLKM lebih mengedepankan kepentingan STRATEGIS ketimbang OPORTUNISTIK

#2. SHORT vs LONG VISION

Kalo orientasinya jangka pendek, maka ketika harga saham GoTo tinggi, ia akan menjualnya untuk profit taking.

Tapi karena orientasi TLKM berinvestasi di GoTo adalah jangka panjang, maka ia tak melakukannya.

Tentu saja langkah ini dilandasi visi jangka panjang TLKM dalam melihat prospek kolaborasi bisnis TLKM X GoTo ke depan.

#3. PRESENT vs FUTURE

Investasi strategis juga tak semata melihat PRESENT value semata, tapi juga FUTURE value.

Memang saat ini GoTo masih merugi, namun dengan modal brand equity yang kuat, strategi/model bisnis yang solid, dan trend kinerja keuangan yang terus membaik, TLKM meyakini prospek bisnis GoTo bakal cemerlang.

Follow @yuswohady

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

THE DARK SIDE of WORD OF MOUTH MARKETING

Next Post

#JurnalSepekan6 KKN Movie, Strategi Marketing Gacoan, dan Evangelist Docmart

Related Posts
Total
0
Share