fbpx

Kenapa Warung Madura Mengancam?

Yang sering kita dengar adalah “Indomaret-Alfamart MENGANCAM pasar tradisional”

Tapi kini berbalik:

“Warung Madura MENGANCAM INDOMARET-ALFAMART”

Kenapa “ALFADURO” atau “Alfamart Rasa Meduro” ini bisa mengancam?

#1. SEGMEN “BEGADANG”

Warung Madura menargetkan segmen yang selama ini diabaikan oleh pasar yaitu “SEGMEN BEGADANG” atau “SEGMEN TENGAH MALAM” sebagai core market mereka yaitu memenuhi segala kebutuhan para BEGADANGERS (rokok, minuman, cemilan, dan lain sebagainya) dari tengah malam hingga menjelang subuh.

Selama ini, segmen ini dianggap sebagai NICHE market, tapi Warung Madura membuktikan bahwa pasarnya besar.

Yaps. Karena memang orang Indonesia paling hobi begadang bahkan Warmad dianggap sebagai pahlawan tengah malam untuk “city never sleep.”

#2. PROXIMITY IS KING

Penetrasi Warung Madura tak ada yang bisa menandingi bahkan oleh Indomaret-Alfamart sekalipun.
Kini ekspansi Warung Madura sudah masuk ke desa-desa, kampung-kampung, RT/RW, komplek-komplek, bahkan di ujung-ujung gang.

Yang menarik, kedekatan ini tak hanya tentang kedekatan jarak, tapi juga KEDEKATAN HATI.

Ketika hubungan penjaga toko dengan konsumen sudah menjadi hubungan “KETETANGGAN” maka relasi dan “trust” tercipta.

#3. JEJARING MADURA
Kalau Indomaret-Alfamart mengandalkan kecanggihan IT dan manajemen rantai pasok modern dari Barat, maka Warung Madura lebih mengandalkan “SOCIAL capital” yaitu JEJARING SOSIAL pedagang Madura yang bertumpu pada spirit komunitas, silaturahmi dan tolong-menolong, dan gotong-royong yang sarat kearifan lokal.

Pola hubungan JEJARING MADURA ini bukan semata transaksional, tapi TRUST di antara mereka sehingga operasinya efisien.

#4. LOW-COST OPERATIONAL

Operasi Warung Madura begitu SLIM & LEAN. Lemak-lemak operasi dan overhead dipangkas sekurus mungkin sehingga operasinya sangat efisien dan harganya kompetitif.

Contoh mudahnya, lampu yang digunakan tak sebanyak dan sebenderang Indomaret-Alfamart sehingga walaupun beroperasi 24 jam, struktur cost-nya masih efisien

Dalam konteks kompetisi, operasi Warung Madura memang “mengancam” tapi mengancam yang positif, yaitu menciptakan “EXTRAORDINARY VALUE to customers.”

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Momentum Nation Brand Lewat Sepak Bola

Next Post

Kritikus Makanan Profesional vs Content Creator

Related Posts
Total
0
Share