fbpx

KILAU EMAS JELANG LEBARAN

Menjelang lebaran harga emas mengalami kenaikan yang signifikan. Bahkan melambung ke titik tertinggi yaitu di angka 1.249.000/gram pada 29 maret 2024.

Usut diusut lonjakan harga emas ini dipengaruhi oleh kenaikan harga emas dunia di mana mencapai angka 2.114,80 Dolar AS per troy ons.

Alasannya?

Pertama, dikarenakan tren kenaikan emas tidak terlepas dari ekspektasi pemangkasan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed), yang semakin tinggi.

Kedua, Pelemahan Dolar AS dibanding mata ulang lain.
Ketika nilai dolar AS melemah terhadap mata uang lainnya, harga emas cenderung naik karena emas dianggap lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lain selain Dolar AS.

Ketiga, kenaikan emas juga terjadi dikarenakan adanya kekhawatiran terhadap kondisi ekonomi global, seperti resesi, inflasi tinggi, atau konflik internasional sehingga emaslah yang menjadi pegangan.

Sementara di Indonesia, kenaikan emas juga dipicu oleh Hari Raya Idul Fitri. Menjelang lebaran, pemandangan unik terjadi di toko-toko emas yang mulai ramai.

Seolah sudah menjadi tradisi, orang-orang berbondong-bondong dan berbelanja emas berupa perhiasan agar bisa digunakan saat lebaran. Selain bisa digunakan di momen spesial, emas jenis perhiasan dinilai dapat menjadi investasi bagi masyarakat.

Tak hanya emas dalam bentuk perhiasan, emas dalam bentuk logam mulia juga banyak dicari menjelang lebaran. Khususnya bagi mereka yang ingin membagikan THR (Tunjangan Hari Raya) kepada kolega maupun kerabat. Meski harganya cukup fluktuaitf, emas dianggap sebagai investasi yang cukup menjanjikan.

Merujuk pada hal ini, investasi emas dianggap sebagai aset “safe haven” atau tempat perlindungan yang aman dalam masa ketidakpastian ekonomi atau ketegangan geopolitik.

Selama supply emas masih terbatas dan permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun, emas masih akan tetap jadi aset safe haven yang menarik untuk dikoleksi beberapa tahun ke depan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

SIKAP TURIS = NATION BRANDING

Next Post

MAGER PASCA LIBUR LEBARAN

Related Posts
Total
0
Share