fbpx

Momentum Nation Brand Lewat Sepak Bola

Setelah terbelah karena Pilpres, masyarakat Indonesia disatukan kembali oleh sepakbola.

Yaps. Timnas Sepakbola Indonesia mencetak sejarah baru dengan berhasil masuk ke semifinal Piala Asia U-23 dan berpotensi masuk ke final serta berpeluang tampil di Olimpiade.

Olahraga seringkali bertindak sebagai sarana untuk ekspresi identitas sosial dan kebanggaan nasional. Ketika tim nasional berkompetisi, hal ini tidak hanya tentang pertandingan, melainkan juga tentang representasi negara di panggung internasional.

Menariknya dalam beberapa waktu terakhir, performa timnas Indonesia mengalami kenaikan terlihat dari peringkat FIFA. Bahkan sempat disebut “The Biggest Climber.”

Dalam jangka pendek, kesuksesan PSSI juga memberikan efek pada NATION BRANDING. PSSI yang selama ini dipandang sebelah mata, kini diperhitungkan, dan jadi banyak perbicangang media-media asing. Peringkat PSSI naik, bahkan disebut berpotensi menjadi salah satu “Macan Asia” yang disegani.

Di luar itu, dari sisi branding & marketing, ada hal lain yang bisa dilihat:

#1 Promosi Nasional:

Keberhasilan timnas menarik perhatian publik dan media, memberikan peluang emas untuk promosi baik untuk timnas itu sendiri maupun untuk Indonesia sebagai negara. Momen ini bisa dimanfaatkan oleh brand-brand lokal untuk asosiasi dan sponsorship, meningkatkan brand awareness mereka bersamaan dengan popularitas timnas.

#2 Big Market Big Business

Penampilan mengesankan timnas dalam Piala Asia U-23 adalah moment of truth yang punya makna sangat strategis untuk kebangkitan sepak bola kita.

Kenapa begitu? Karena moment of truth tersebut telah mendatangkan antusiasme dan spirit baru penonton, suporter, dan fans sepak bola kita sempat redup karena jeleknya kualitas dan kinerja sepak bola kita. Dalam marketing, mereka adalah customer yang menjadi “darah” keberlangsungan dan kemajuan sepak bola kita.

Alhasil ini akan membuka peluang besar dalam hal sponsor dan penjualan merchandise resmi timnas, seperti jersey, aksesoris, dan barang-barang koleksi yang bisa menjadi sumber pendapatan signifikan

#3 Semua Elemen adalah Brand

Bagi kami, Rafeal Struick, Ernando Ari, Pratama Arhan adalah brand; Persib dan Persema adalah brand, ISL dan LPI adalah brand, begitupun PSSI adalah brandBrand-brand itu bisa besar kalau dikelola dengan baik.

Real Madrid adalah brand yang bernilai triliunan rupiah karena dikelola dengan prinsip-prinsip pemasaran atau marketing dan branding yang solid, mulai dari pembibitan dan pembinaan pemain, pementasan laga pertunjukan sepak bola, kerjasama sponsorship dengan perusahaan, sampai dengan membangun fanatisme konsumen.

Liga Champion atau FA Cup adalah juga brand hebat karena berhasil menggelar pertunjukkan sepak bola spektakuler, mencipta pemain-pemain berkelas, dan menghasilkan perputaran uang triliunan rupiah.

Dalam marketing, customer atau klien adalah elemen dasar pembentukan brand. Karena itu kami melihat “moment of truth” antusiasme konsumen sepak bola nasional di atas haruslah menjadi momentum untuk pembentukan brand pemain, klub dan liga yang sempat mati suri.

Minat yang begitu besar dari perusahaan untuk mendukung persepakbolaan nasional haruslah menjadi suntikan “darah segar” bagi pembentukan brand (brand building) pemain, klub, dan liga untuk mengembangkan dan memajukan diri. Karena itu kami berani mengatakan tahun 2024 adalah “tahun brand building” persepakbolaan nasional.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Overtourism: Pisau Bermata Dua Pariwisata

Next Post

Kenapa Warung Madura Mengancam?

Related Posts
Total
0
Share