fbpx

PELAJARAN DARI RECALL TOYOTA RAISE

Toyota melakukan recall thd 14.777 produk barunya Toyota Raize. Hal yg sama dilakukan Daihatsu Rocky.

Mobil itu mengalami masalah pd bagian fender apron yg trjd krn proses yg kurang sempurna pd pabrikasi.

Menariknya, recall ini dilakukan ketika konsumen belum menyadarinya n belum komplain ttg masalah tsb.

Inilah yg disebut: PROACTIVE customer service (CS).

Kondisi sebaliknya disebut REACTIVE CS, yaitu ketika konsumen sdh komplain berulangkali, tp perush tetap aja lelet meresponnya.

Berikut ini 3 pelajaran CS yg kita dapat dr recall Toyota:

#1. PROACTIVITY CREATES DELIGHT CUSTOMERS

Dlm ilmu servis, klo Anda memberikan layanan sebelum konsumen membutuhkannya or menyelesaikan masalah sebelum konsumen mengeluhkannya, mk hal itu bs menciptakan: DELIGHT customers.

Delight customers adl cikal bakal terbentuknya EVANGELIST customer, yaitu konsumen yg mempromosikan n merekomendasikan brand kita ke konsumen yg kain.

Kenapa Apple memiliki evangelist yg byk n fanatik, krn Apple piawai menciptakan “MOMENT of DELIGHT” melalui inovasi produk.

#2. TURN COMPLAINT INTO DELIGHT

Cacat n ketidaksempurnaan produk bisa menimbulkan komplain dr konsumen, itu pasti.

Namun ketika perush cepat mengidentifikasi, mensolusikan, n mengomunikasikannya sebelum konsumen menyadarinya, langkah ini justru bisa membalik keadaan, dr komplain mjd customer DELIGHT.

Konsumen justru salut n impress krn perush melakukan langkah2 proaktif.

Dgn proactive recall, Toyota membalik KELEMAHAN mjd PELUANG.

#3. BUILD TRUST & LOCK LOYALTY

Survei menemukan bhw langkah2 proaktif sprti dilakukan Toyota bs meningkatkan retensi n loyalitas konsumen 3-5%.

Proactive CS menciptakan customer TRUST sekaligus “mengunci” loyalitas konsumen mjd a LASTING customers.

Follow @yuswohady

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

#JurnalSepekan2 Air Asia Money, Warkop NYC, dan Paris Fashion Show

Next Post

Food Delivery Boom

Related Posts
Total
0
Share