fbpx

YANG AYU YANG MENANG PEMILU

Viral di media sosial, Kondang Kusumaning Ayu atau akrab disapa Mbak Kondang banyak dipilih masyarakat sebagai Caleg DPD RI wilayah Jawa Timur karena parasnya yang cantik.

Kesan pertama wajah cantik atau ganteng memang bisa menjadi “hook” yg powerful dalam memengaruhi pengambilan keputusan memilih (decision to vote).

Kok bisa?

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi pengambilan Keputusan pemilih (voters), yaitu :

1. THIN SLICING FACTOR

Mbak Kondang mungkin beruntung memiliki wajah ayu. Dalam waktu singkat, memeriksa calon-calon yang dikenal, bisa jadi merepotkan.

Dalam bukunya, Blink, Malcolm Galdwell menyebutkan bahwa “Manusia membuat penilaian secara cepat, dalam pengamatan SINGKAT (“blink”) dan INTUITIF.”

2. LOOKISM FACTOR

Fenomena seperti Mbak Kondang banyak terjadi di negara lain. Selain faktor yang sempit untuk mengenali kandidat, atau tidak tahu siapa saja kandidatnya, ada faktor “lookism” atau melihat wajah.

“JUDGE A BOOK BY ITS COVER”

Hal ini didalam dunia marketing merupakan contoh dari sensory marketing atau dikenal dengan sensory branding. Dalam jurnalnya, Jang dan Lee mengatakan bahwa “Sensory marketing adalah strategi pemasaran yang merangsang emosi konsumen mengenai penilaian rasional mereka dengan menggunakan panca indera.”

Dalam kasus ini yang digunakan adalah panca indera “penglihatan” atau “sight”. Manusia paling terpengaruh oleh penglihatan karena kesan pertama yang disampaikan melalui penglihatan membantu konsumen dalam membentuk citra produk atau brand. Penglihatan adalah panca indera paling efektif untuk menyampaikan pesan pemasaran sensorik kepada pelanggan.

Dalam kasus Mbak Kondang, pemilih cenderung mengambil “SHORTCUT” atau “jalan mudah” dengan mengandalkan kesan pertama atau penampilan fisik dalam membuat keputusan pemilihan.

Penggunaan heuristik diambil oleh para voters, dimana mereka memilih berdasarkan informasi yang paling mudah diakses atau yang paling menonjol, seperti penampilan fisik yang menarik, daripada harus menganalisis informasi yang lebih mendalam dan kompleks tentang kualifikasi atau visi-misi kandidat.

Perempuan dengan wajah muda yang fresh memberikan kesan bahwa Mbak Kondang sebagai calon wakil DPD Jawa Timur ingin membawa hal baru untuk Jawa Timur dengan potensi dan kemampuannya yang unggul. Sesuai taglinenya “Wajah baru, semangat baru, saatnya yang muda maju untuk Jawa Timur lebih maju.”

@yudhistira213_ Kog iso nyaleg modal ayu."???? #kondangkusumaningayu #pemilu2024 #saksitps #kpps #ptps ♬ suara asli – ALROSTA OFFC
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

SPONTAN!!! Uhuyy! Komeng Menang

Next Post

THE POWER OF “KELINGKING TINTA”

Related Posts
Total
0
Share