fbpx

DELAPAN PELAJARAN MARKETING YANG SAYA DAPAT DI TAHUN 2021

Peristiwa-peristiwa bisnis di tahun 2021 (mulai dari mau bangkrutza wdwwe. nya Garuda, merger GoTo, hingga repositioning Facebook menjadi Meta) membawa pelajaran-pelajaran berharga bagi saya.

Lesson #1.
BIG IS NOT ALWAYS AN ADVANTAGE
Terperosoknya Garuda Indonesia di ambang kebangkrutan menyadarkan saya bahwa aset yang besar, karyawan yang banyak, or infrastruktur yang memadai bukanlah jaminan sukses di era VUCA

Lesson #2.
ECOSYSTEM BRAND
IS MORE POWERFUL
THAN PRODUCT BRAND
Merger GoTo (Tokopedia x Gojek) menyadarkan saya bahwa pemain di era digital saling BERKOMPETISI n BERKOOPETISI utk memperebutkan penguasaan ekosistem.

Lesson #3.
EVERY BUSINESS
WILL BE A DIGITAL BUSINESS
Covid-19 memicu migrasi massal konsumen ke ranah digital. Tren besar ini akan memaksa setiap brand untuk bertransformasi menjadi DIGITAL BRAND. Be a digital brand, or you’ll die!

Lesson #4.
METAVERSE WILL BE
THE NEXT DEADLY DISRUPTOR
Repositioning Facebook menjadi Meta menandai kebangkitan kripto, NFT, dan Metaverse sebagai GAME CHANGER bisnis, sekaligus menjadi PRIME DISRUPTOR abad 21

Lesson #5.
NOW,
“OUT OF THE BOX” THINKING
IS A USUAL!
Transformasi AirAsia dari “Airline” menjadi “super app” (Juli 2021) menyadarkan saya bahwa “OUT OF THE BOX” thinking/action bukan lagi kemewahan, tapi sudah menjadi keharusan untuk bisa lolos dari TRIPLE DISRUPTION.

Lesson #6.
CUSTOMER EVANGELIST
IS THE MOST IMPACTFUL
MARKETER ON EARTH.
Kolaborasi McD x BTS (Juni 2021) meyakinkan saya bahwa HORIZONTAL (customers to customers) MARKETING adalah pendekatan marketing yang paling ampuh.

Lesson #7.
BEHAVIORAL MARKETING
GETS IMPORTANT
Panic buying yang terjadi di masa-masa kritis gelombang kedua menyadarkan saya pentingnya pendekatan PSIKOLOGI dan BEHAVIORAL ECONOMICS dalam membaca gejala perubahan konsumen.

Lesson #8.
MILLENNIAL BRANDS ATTACK
BE ALERT!
Bersinarnya brand-brand milenial: RANS, MS Glow, startup digital, dan terakhir Kopi Kenangan menjadi new unicorn kian menandai berakhirnya era kejayaan “brand Boomers/Gen-X” yang DIBILAS oleh “brand milenial”.

Welcome 2022

Follow @yuswohady

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

KENAPA KOPI KENANGAN BISA JADI UNICORN?

Next Post

KOLABORASI ATAU MATI

Related Posts

AGILITY = 3K

Dalam buku “The Rise of Cool+Agile Brands” saya menulis: AGILITY is the most productive SURVIVAL strategy. Why? Karena…
Read More
Total
0
Share