fbpx

MAGER PASCA LIBUR LEBARAN

Habis libur lebaran, kok masih ngerasa mager ya?

Mungkin Anda terkena sindrom post-vacation blues (PVB), atau yang sering disebut juga sebagai “holiday blues”.

PVB adalah perasaan sedih dan lesu yang sering dirasakan setelah kembali dari liburan menyenangkan, seperti Hari Raya Idulfitri. Fenomena ini umum terjadi saat orang harus kembali ke rutinitas sehari-hari setelah periode perayaan.

Apakah ini wajar?

Ya. Dari perspektif psikologi, tubuh dan pikiran yang telah terbiasa dengan kegembiraan liburan dapat bereaksi negatif saat liburan berakhir.

Secara psikologis, faktor-faktor berikut bisa berkontribusi terhadap munculnya rasa mager atau PVB setelah libur lebaran:

  1.  KEMBALI KE RUTINITAS

Liburan seringkali memberikan kebebasan dari tugas-tugas dan tanggung jawab rutin. Kembali ke aktivitas rutin bisa terasa membosankan dan mengecewakan dibandingkan kegembiraan dan relaksasi yang dirasakan selama liburan.

  • PERPISAHAN DENGAN KELUARGA

Banyak orang yang merantau kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga. Setelah liburan, perpisahan kembali dengan keluarga bisa memicu perasaan sedih atau rindu, sekaligus membuat jadi mager.

  •  KELELAHAN

Perjalanan kembali dari liburan, terutama jika melibatkan perjalanan jauh atau perbedaan zona waktu, dapat menyebabkan kelelahan fisik dan jet lag, yang bisa mempengaruhi mood seseorang.

  •  TUMPUKAN TUGAS

Bayangan menghadapi tumpukan pekerjaan atau tugas yang belum selesai, membuat orang malas kembali pada rutinitas.

  • PERUBAHAN LINGKUNGAN

Selama liburan, orang seringkali berada di lingkungan yang menyenangkan atau lebih menarik secara visual dibandingkan lingkungan sehari-hari. Kembali ke lingkungan yang lebih monoton atau kurang inspiratif dapat menurunkan mood.

  • SOSIALISASI

Selama libur lebaran, seseorang mungkin lebih sering bersosialisasi dan menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Kembali ke kesendirian atau jadwal yang kurang melibatkan interaksi sosial dapat menimbulkan perasaan kesepian.

Agar tidak terus-terusan kena PVB, nih ada tips #antimager langkah berikut bisa dilakukan:

  1. Istirahat yang cukup:

Pastikan cukup tidur dan istirahat setelah liburan untuk memulihkan energi.

  • Buat transisi singkat:

Bila sanggup nge-gas kembali, tak masalah. Tapi bila ingin ada transisi, buat ritme kerja yang tidak langsung tancap gas.

  • Percakapan positif:

Berbagi pengalaman liburan dapat membantu memperpanjang perasaan bahagia dan meminimalkan kesedihan kembali ke rutinitas.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

KILAU EMAS JELANG LEBARAN

Next Post

PEMBELAJARAN DARI KASUS BRAND HAMLIN DI TIKTOK

Related Posts
Total
0
Share