fbpx

METAVERSE vs UNIVERSE. Ampuh Mana?

Mark Zuckerberg menjanjikan dunia metaverse yg spektakuler.

Digambarkan oleh Zuck bhw metaverse adalah masa depan internet, “it’s the next chapter of the internet”.

Di jagat realitas virtual tersebut kita berinteraksi dengan orang lain menggunakan avatar persis seperti digambarkan dalam film box office “Ready Player One” besutan Steven Spielberg.

Namun celaka, visi jauh ke depan Zuck tsb diplesetkan dan diparodikan oleh video promosi pariwisata Islandia bertajuk “Icelandverse” (sebagai plesetan dari “Metaverse”)

Intinya, promosi itu ingin mengatakan bahwa  Islandia adalah “nyata” bukan “fake” ala metaverse-nya Zuck.

Video itu mengingatkan saya bahwa sehebat apapun pengalaman realitas virtual (“metaverse experience”) ciptaan manusia, tak akan bisa mengalahkan pengalaman realitas fisik (“universe experience”) ciptaan tuhan.

“Physical experience is the ULTIMATE experience”.

Semakin hidup kita tenggelam ke dalam jagat digital, maka semakin kita merindukan pengalaman fisikal.

Digital paradox: “The more digital …the more physical”

Follow  @yuswohady
Follow  @inventureknowledge

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

JOKOWI PAMER BRAND LOKAL

Next Post

LAGI, LAGI, LAGI… KLAIM MALAYSIA

Related Posts
Total
0
Share