fbpx

WARUNG MADURA KEPUNG INDOMARET-ALFAMART

Siapa sih suka jajan di Warung Madura?
Ternyata Warung Madura bisa menjadi ancaman retail populer macam Indomaret dan Alfamart lho. Mengambil positioning sebagai toko kelontong “super lengkap”, membuat Warung Madura absah disebut sebagai PALU GADA (aPa yang LU minta, Gue ADA).

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Warung Madura adalah ancaman yang serius bagi retail populer.

#1. AVAILABILITY & PROXIMITY.

Warung Madura punya ciri khas unik yakni buka 24 jam. Jadi konsumen bisa berbelanja kapan saja. Bahkan sampai ada meme yang menggambarkan selalu “siap-sedianya” dengan tagline “TUTUP HANYA DI HARI KIAMAT.

Selain itu, Warung Madura juga menawarkan akses dan kedekatan untuk setiap konsumennya. Keberadaannya masuk ke gang-gang kampung sekalian. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh retail modern. kesediaan dan kedekatan menjadi keunggulan kompetitif Warung Madura.

#2. PUNYA JARINGAN PASOK SENDIRI (SUPPLY-CHAIN)

Harga barang di Warung Madura terkenal sangat murah. Hal ini dipengaruhi karena mereka mempunyai jaringan pasok sendiri (supply-chain). Ketika distribusi barang mudah, harga jual pun makin kompetitif.

Konon, adanya jaringan pasok ini juga didukung solidaritas yang kuat, antar penjual warung kelontong Madura. Mereka punya komunitas dan terus diaktivasi terus menerus dengan berbagai kegiatan; silaturahmi antar orang rantau Madura dan kumpul rutin.

#3. BRING AUTHENTIC DISPLAY

Selain jam operasional yang buka 24 jam, Warung Madura juga menawarkan “display” barang yang cukup unik. Di depannya biasanya ada kulkas minuman, rak es krim, dan jejeran rokok-rokok dengan merek “kurang populer” tapi murah. Bahkan sampai ada pom bensin mini.

Di beberapa daerah, misal di Banyuwangi, Warung Madura biasa ditandai dengan lampu kerlap-kerlip. Semua ini membentuk persepsi unik di benak konsumen.

Selain itu, di Warung Madura pembeli juga bisa ngobrol dengan penjual. Dari sana, terbentuk keakraban dan rasa kebersamaan secara sosial-budaya. Jaringan Warung Madura juga sudah modern, tersedia QRIS untuk membayar. Jadi lebih mudah bagi para kaum cashless.

Hal-hal itu, membuat Warung Madura bisa menjadi penantang pasar yang kuat bagi retail modern.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

GELIAT BISNIS UMROH Milenial dan Gen Z

Next Post

POINT COFFEE INDOMARET MENGGURITA

Related Posts
Total
0
Share